19/06/11

LUMBA-LUMBA :)

Lumba-lumba adalah makhluk laut yang paling cerdas, ramah, dan suka menolong. Hewan ini memahami perintah dengan baik dan tahu cara mematuhinya. Tubuhnya diciptakan dengan bentuk yang sangat menakjubkan.

1. Melihat dengan suara
Sekalipun kita sering melihat lumba-lumba di permukaan air, namun lumba-lumba menghabiskan sebagian besar waktunya di kedalaman lautan yang gelap. Lumba-lumba dapat melihat lebih baik dalam gelapnya lautan dari pada kemampuan manusia melihat dalam terangnya cahaya. Bagaimana lumba-lumba dapat melakukan hal ini? Lumba-lumba mampu menemukan arah dengan merasakan getaran suara. Para ilmuwan menamakan sistem ini ekolokasi, lumba-lumba bernafas melalui lubang yang ada di atas kepalanya. Tepat di bawah lubang ini, terdapat kantung-kantung kecil berisi udara. Dengan mengalirkan udara melalui kantung-kantung ini, lumba-lumba menghasilkan suara bernada tinggi. Kemudian suara ekolokasi ini di pancarkan ke arah sekitarnya secara terputus-putus. Suara lumba-lumba segera memantul kembali bila membentur benda apapun. Lumba-lumba mendengarkan dengan seksama pantulan suara ini. Pantulan suara dengan sekelilingnya memberi informasi rinci tentang jarak benda-benda darinya, berikut ukuran dan pegerakannya. Berkat perangkat ini lumba-lumba dapat memindai wilayah yang luas, bahkan memetakan samudra. Inilah sistem sonar sempurn pada lumba-lumba yang memindai dasar laut layaknya alat pemindai elektronik. Sistem ini juga digunakan oleh kapal selam yang menemukan arah dengan menggunakan sonar.

2. Tidur dengan Sebelah Mata dan Sebelah Otak
Mata lumba-lumba layaknya kamera khusus yang memungkinkan melihat jelas di bawah dan di atas permukaan air. Lumba-lumba memiliki lensa mata kenyal yang dapat mengembang dan mengerut sehingga mampu berfokus di bawah dan di atas permukaan air. Ini sangat di perlukan bagi lumba-lumba. Setiap kali muncul ke permukaan, lumba-lumba secara seksama memperhatikan pergerakan kawanan burung di sekitarnya, sebab di tempat burung terdapat sekumpulan ikan. Lumba-lumba sangat tahu akan hal ini, dan memanfaatkannya untuk mencari mangsa dengan mudah. Desain istimewa mata lumba-lumba juga melindungi matanya dari air laut yang asin.
Mata lumba-lumba memiliki ciri khusus lainnya, yaitu setiap mata dapat berfokus pada satu titik yang berbeda pada saat bersamaan. Karena itu, seekor lumba-lumba dapat melihat ke depan dengan satu mata untuk menentukan arah berenangnya sambil berjaga-jaga dari bahaya dengn mata yang lain. Bila perlu, lumba-lumba dapat menutup salah satu matanya dan mengistirahatkan sebelah otaknya. Selang beberapa lama, ganti melakukan hal yang sama pada mata dan separuh otaknya yang lain. Dengan cara ini, lumba-lumba tidak pernah tertidur penuh dan selalu terjaga dari bahaya.

sumber : buku pintar pelajar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar